DIE HARD 5 : GOOD DAY TO DIE HARD!

Hampir semua yang baca blog gue tau bahwa gue begitu antisipatif buat nonton Film ini, hal itu kebukti dengan KUIS BODOH yang gua gelar di blog ini, ditambah dengan banyaknya postingan & kata-kata BADASS yang gua keluarin di postingan-postingan sebelumnya. Tapi kayak yang semua kita tau bahwa Sequel adalah sebuah cara butut buat melanggengkan kesukseskan sebuah film demi ngeraup keuntungan, sama halnya kayak Ahmad Dhani yang selalu ngeremake hits suksesnya buat ngeraup keuntungan dengan cara yang sama berulang-ulang. Tapi tetep aja kita bosen, kita nggak ngerasa nemuin sesuai yang baru. Hal kayak gitu ngebosenin. Beda hal dengan yang namanya Kopulasi, sesering apapun kita berkopulasi sama istri kita atau pacar kita, tapi kita nggak pernah ngerasa bosen, padahal kita ngelakuinnya di tempat yang sama, gaya yang sama & bahkan gaya yang sama, tapi kita nggak pernah bosen, betul nggak?

Nonton Film yang gua antisipasi banget-banget itu akan nimbulin 2 hal. Pertama, gua puas & bakalan ngomongin film itu selama 2 minggu berturut-turut, atau… Kedua, gua nggak puas & bakalan ngeledek film itu selama 2 minggu lebih 1 hari berturut-turut. Sekarang masuk di kategori yang mana A GOOD DAY TO DIE HARD (DIE HARD 5) ini?

dh5-trailerJack McClane (Jai Courtney), adalah seorang Agen CIA yang ditugasin di Russia. Jack ngelakuin aksi ‘Donnie Brasco’ selama bertahun-tahun demi ngejebak seorang Teroris bernama Komarov (Sebastian Koch). Diperjalanan sebagai agen mata-matanya ternyata Jack harus ngelakuin tindakan-tindakan yang layak dilakuin seorang agen mata, ngebunuh orang, maen kebut-kebutan & nyamar. Iya menyamar adalah sebuah keharusan bagi seorang Agen Mata-mata, sedangkan berolah pantun adalah sebuah kebodohan yang dilakukan seorang Menkominfo di sebuah negara tertentu.

Karen Jack nggak pamit waktu mau jadi Agen mata-mata, maka Bapak dari si Jack yang nggak lain adalah seorang agen polisi yang dikenal dengan sebutan WORLD CLASS SCREW UP, nyari anaknya sampe ke Russia. Agen Polisi-World-Class-Screw-Up ini akhirnya liburan ke Russia buat ngejemput anaknya. Sumber info yang di dapet dari World-Class-Screw-Up itu nyebutin bahwa anaknya masuk penjara. Kayak bapak-bapak pada umumnya, World-Class-Screw-Up alias John McClane (Mantan Suami Demi Moore) ini ngira bahwa Jack terlibat sebagai penjual Narkoba. Akhirnya dengan niat liburan sekaligus ngebenahin hubungannya sama Jack, si John terbang ribuan kilometer dari New York ke Russia liburan sambil ngedengerin seorang Supir Taksi nyanyi Frank Sinatra. New York…. New York.die_hard_5

Sesampainya di Russia, ternyata John nemuin bahwa Jack ngewarisin bakatnya buat ngancurin apapun yang ada di jalan raya, sebuah aksi turun-temurun dengan plot wajib film action. Kebut-kebutan & tabrak-tabrakan. Ternyata kehadiran John emang nggak dipengenin sama Jack. Biasalah…. Hubungan bapak-anak cowok emang nggak selalu berjalan baik, apalagi kalo si bapak terkenal sebagai itu tadi World Class Screw up. Setelah ngelakuin aksi perdebatan yang skalanya sama kayak Luke Skywalker nggak ngakuin bahwa Anakin Skywalker adalah anaknya. Maka Jack McClane & John McClane pun ngelakuin sebuah aksi ngancurin jalanan Russia dengan sebuah adegan ‘Kubelari kau terdiam, kumenangis kau tersenyum, ku berduka kau bahagia, ku pergi kau kembali’ (dan SUMPAH! Gua pengen mukul siapapun yang nyanyi lagu itu!)

Dengan datengnya John ke Russia, ternyata Jack berpendapat bahwa John udah ngancurin misi sekian tahun dengan 5 menit pertemuan non dramatis tanpa pelukan bapak sayang anak. Jack berusaha nyelametin Chagarin (Sergei Kolesnikov) supaya si Chagarin bisa ngasih bukti kejahatan Komarov. Chagarin adalah mantan rekan Komarov & dulunya mereka bersama-sama nemuin senjata pemusnah massal yang menyebabkan bencana Chernobyl di negaranya Andriy Shevchenko. Tapi ternyata Chagarin itu nggak bener-bener seorang yang suci pengen ngebongkar kejahatan Romanov. Chagarin punya sifat yang sama kayak Romanov, lewat sebuah aksi tipu-muslihat dengan bantuan dari anak kandung Chagarin yang seksi-mulus-tapi-jahat bernama Irina (Yulia Snigir), Chagarin berusaha ngedapetin sisa-sisa Uranium yang dia simpen buat nyiptain senjata pemusnah massal. Irini juga sama jahatnya kayak Chagarin. Ibas juga sama begonya kayak Bapaknya. Like Father Like Son. Sebenernya itu inti cerita dari DIE HARD 5 ini.

Setelah ngabisin beberapa scene penuh kejaran-kejaran, tembak-tembakan, loncat-loncatan & jatoh-jatohan yang dilakuin Jack & John McClane. Kita sampe pada tahap yang kita tunggu-tunggu. Yang kita tunggu saat nonton John McClane adalah bagian dimana dia ngucapin YIPPIE KAY YEE MOTHERFUCKER. Tapi kecewanya adalah John nggak ngelemparin kata-kata ‘King Leonidasnya’ itu di bagian aksi terbaiknya. John Cuma ngejalanin sebuah aksi ngegantungin Truck berisi Uranium di buntut helikopter demi nyelametin Jack, terus teriak YIPPIE KAY YEE MOTHERFUCKER. Buat gue itu sebuah aksi yang biasa aja…. Nggak ada unsur mempertaruhkan jiwa raga demi sebuah pembukaan sebelum John ngelakuin aksi paling BADASS di Franchise ke 5 Die Hard ini. Siapapun bisa ngelakuin aksi itu. Bahkan aksi kejar-kejaran sambil tabrak-tabrakan mobil pun nggak bikin gue bengong & terkagum-kagum atau kaget. Mungkin gua masih lebih kaget liat aksi Rasyid nabrakin mobil tanpa dituntut masuk penjara.

die_hard_5_still09_Yulia_SnigirHighlight menarik di film yang diantisipasi banyak Action Buff ini Cuma pas bagian John & Jack loncat diudara buat ngindarin tubrukan helikopter, sambil ngacungin Jari Tengah. Selebihnya semua aksi di film ini biasa aja….. biasa banget & kayaknya gua lebih baik beli DVD bajakannya buat di tonton di kamar kos daripada harus ngeluarin uang sekian puluh ribu demi nonton di bioskop.

Akhirnya Film ini Cuma jatuh di kategori film FAMILY-ACTION-DRAMA yang ramah ditonton sama seluruh anggota keluarga yang tiap malem nonton Kian Santang. Nggak lebih & nggak kurang. Tadinya gua berharap bakalan ngeliat Russia ancur gara-gara didatengin John McClane, Gua berharap John & Jack McClane nunjukin Patriotisme Amerika dengan ngeberakin Tentara Merah, sama kayak Kapitalis ngeledek paham Komunis yang sampai saat ini pahamnya terbukti mandul. Tapi ya itu tadi, apa yang bisa gua harapin dari film keluarga dimana aktor utamanya udah jadi seorang Opa yang istrinya lebih milih Ashton Kutcher buat dipacarin (dan akhirnya putus!). Akhirnya ini cuma Film keluarga yang ending akhirnya ditunjukin John bisa kumpul sama anak-anaknya, Jack & Lucy sambil disinari matahari terbenam.

Dan gua nggak dapet apapun yang gua pengenin di DIE HARD 5 ini. SIALAN!

8 comments

  1. Berharap hubungan bapak-anak laki-laki segera membaik seiring dipenjaranya teman akrab mereka berdua yang berasal dari partai yang sama. Hooooho.. :))

    1. Huahahahaha….😀

  2. Kok si Ibas sma bokapnya pake acara nongol segala sih???

    1. karena emang Ibas selalu berjalan bersama bapaknya😀

      1. Pan dy mata2 di parpol milik bapaknya😀

      2. Mata2 itu kan harus pinter, ganteng, ladies man, emang si ibas menuhin kriteria itu? nggak kan!😀

  3. ternyata ga cuma saya yg merasa ada yg kurang di sekuel kali ini,
    dan busetnya saya masih ga bisa bikin review film sebagus sampeyan ini
    coba saja cek http://auk.web.id/2013/02/07/die-hard-5-im-on-vacation/ jika berkanan, sangat apa adanya:mrgreen:

    dan sesuai postingan saya, kalimat favorit saya justru itu : IM ON VACATION !😆

    dan

    1. Gua malah agak kecewa sama film ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: