YANG BURUK, YANG BAIK TAPI BURUK, YANG LAINNYA.

Oke, jadi intinya adalah nggak banyak hal yang gua dapet di tahun 2012 ini, hidup yang masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Nggak banyak kegiatan yang gua lakuin, selain kerja & ngurusin semua ancaman bencana keuangan, gua mulai lagi nulis-nulis hal nggak berguna di blog yang tadinya – lo semua pasti udah tau – kalo gua nggak mengisi blog ini secara intense. Cuma karena sebulan terakhir akhirnya gua punya seorang manager yang ngurusin blog ini, maka akhirnya mulailah gua efektif menulis hal-hal nggak berguna yang gua masih bingung kenapa ada aja orang yang mau baca hal nggak berguna disini.

Kayak kebanyakan hal yang ditampilin di media-media pada umumnya tiap akhir tahun dimana mereka selalu nyusun kaleidoskop tahunan tentang kejadian-kejadian menarik yang sebenernya nggak menarik.tau kalo bulan Desember itu adalah bulan dimana cuti tahunan bakalan diabisin tanpa sisa, semua orang bakalan make tabungan mereka buat pergi liburan, konsentrasi dalam pekerjaan mulai menurun, seluruh editor mulai males mikir & akhirnya trik yang dipake adalah ngerangkum semua yang udah terjadi selama setahun. Tapi anehnya kenapa juga kita masih pengen ngebaca semua hal yang udah kita tau selama setahun ini? Kenapa kita tetep beli majalah yang nampilin edisi kaleidoskop 2012? Jawaban-jawaban pertanyaan itu nggak bakalan bisa kita jawab kan? Sama kayak kita nggak bisa jawab kenapa kita tetep nonton TV yang nampilin statement Farhat Abbas, padahal kita bisa nemuin hal yang lebih menarik buat ditonton.

Karena bikin sebuah kaleidoskop itu sesuatu hal yang ‘mainstream’ & sesuatu hal yang ‘mainstream’ itu kayaknya wajib untuk dikaji secara terperinci, Maka dengan ini setelah gua melewati sebuah percobaan panjang di Laboratorium Super Canggih Kamar Kosan, gua bakalan nampilin semacam List dari hal-hal yang ada di 2012, tentunya secara Random :

13356181. THE RAID
Ada sekumpulan orang-orang berdedikasi (hipsters) & orang-orang super beruntung yang udah nonton film ini dulu sewaktu iNAFF 2011 digelar. Tapi karena secara resmi film ini masuk ke bioskop lokal tahun 2012, maka gua masukin ini sebagai list di tahun 2012. The Raid adalah film terfavorite versi gue. Film ini ngalahin rekor gua nonton film lokal yang sebelumnya gua sukses nonton Ada Apa Dengan Cinta sebanyak 7x DENGAN 7 ORANG CEWEK BERBEDA YANG BERAKHIR DENGAN 7x PENOLAKAN ATAS PERNYATAAN CINTA! Iya sob, gua selalu make Film & Bioskop sebagai medan ‘penembakan’ ke cewek-cewek yang gua tuju & rata-rata berakhir mengecewakan kayak perasaan semua orang Indonesia setiap abis ngeliat Timnas main.

The Raid itu sebuah pencapaian yang bagus di tahun 2012, sama sebuah pencapaian Tim Suksesnya Jokowi-Ahok di tahun 2012. The Raid adalah sebuah sebuah film yang dibikin tanpa ada unsur apapun selain buat ngerayain kegembiraan kita atas sebuah adegan pukul-pukulan & tusuk-tusukan yang sampe akhirnya kita Cuma inget semua aksi memorable itu tanpa mikirin dialognya. Lo semua pasti inget adegan peradegan yang ada di The Raid, lo pasti lupa semua dialog yang ada di The Raid. Tapi itulah The Raid pada kaidahnya, sebuah aksi nonton orang mukulin orang yang mungkin cuma dikalahin dengan kompilasi film Barry Prima. Gua bahkan nggak sanggup nge-review The Raid karena emang nggak ada hal yang bisa gua cemooh disitu. The Raid itu sempurna & ketidak sempurnaannya itu Cuma bisa dilihat dari kacamata jenius film yang seneng nonton film-film berseni-sok-mikir-tapi-bikin-ngantuk yang mana kita semua tau bahwa orang-orang jenis film itu adalah orang-orang yang nggak bakalan kita temenin atau kita follow twitternya.

MV5BMTk4ODQzNDY3Ml5BMl5BanBnXkFtZTcwODA0NTM4Nw@@._V1._SY317_2. THE DARK KNIGHT RISES
Film hollywood paling antisipatif, sebuah film yang bikin semua orang yang ngerasa dirinya pinter bakalan orgasme sambil numpahin semua kata-kata penuh kekaguman. Semua metafora jenius dipake dalam review film ini, semua faktor sosial budaya revolusi diangkat sebagai sebuah analogi bahwa Batman terakhir bikinan Christopher Nolan ini adalah yang terbaik. Tapi kita nggak sadar pada hakikatnya bahwa film adalah sebuah hal yang seharusnya menghibur, nggak bikin ngantuk & nggak nampilin sosok yang seharusnya jagoan tapi malah galau sama eksistensi dirinya dia. Batman disini tampil membosankan, kayak sosok Ababil yang bingung sebenernya dia itu pengen jadi apa kalo nanti udah gede. Kayak Ababil-ababil SEVEL lainnya, Ababil Bruce Wayne juga ngebentakin Alfred yang udah jadi baby sitter dia, ngegantiin sprei dia, bikinin dia teh, bikinin dia Indomie kari ayam pake telor sama sawi. Batman disini nyebelin & nggak jauh beda sama adek lo.

Batman itu seharusnya Jagoan, pada hakikatnya Jagoan adalah harus punya sosok Badass! Tapi si Dark Knight ini nggak, dia terlalu manja dengan semua gadget di pinggangnya, dia naek batpod atau apalah namanya yang nggak nyaman buat dinaekin, dia pacaran sama Catwoman tapi nggak diajakin nginep di kamarnya, dia ngerebut cewek musuhnya & cewek musuhnya di tidurin disaat dirinya kena masalah keuangan. Coy! Saat seorang punya masalah keuangan dia nggak mikirin buat nidurin cewek, dia bakal kepikiran buat minjem uang ke bank atau ngejual ginjal di pasar gelap. Tapi kenapa Bruce Wayne malah nidurin cewek yang ngejadiin Bane seorang cowok-keker-tapi-bego di level Friendzone?

Gua nggak suka Batman atau The Dark Knight atau apalah namanya karakter jagoan galau. Batman itu seharusnya menyenangkan dan selalu punya kemampuan buat bikin bunyi “buk” atau “plak” atau “bletak” pas dia mukul musuhnya. Bukan Batman dengan suara kayak orang kena kanker tenggorokan kronis pake kostum yang nggak kompatible buat loncat-loncat di gedung.

Keep-calm-and-carry-on-scan3. POSTER “KEEP CALM & CARRY ON”
Selama tahun 2012, dimana gua masih punya Blackberry yang jarang gua isi pulsanya. Gua nemuin banyak banget orang yang pake Avatar/Display Picture sesuatu nan retard bertuliskan “KEEP CALM & ….” Gua nggak tau apa maksudnya dari kata itu, apakah yang make pengen dilihat bahwa dia selalu tenang walaupun pacarnya selingkuh? Apakah dia selalu tenang walapun tim sepakbolanya kalah di pertandingan terakhir sama tim sepakbola satu kotanya (Inget MU vs City?) Apapun tujuannya orang make gambar itu tetep aja hidup nggak bakalan “calm” kalo lo punya masalah. Apa lo bakalan “calm” kalo ternyata lo sadar bahwa selama ini dunia dipenuhi dengan 1 milyar penduduk dunia tapi lo tetep aja jomblo?

Kata-kata “KEEP CALM & CARRY ON” itu awalnya adalah sebuah propagandha pemerintah inggris yang dikirim ke seluruh British Citizens waktu Nazi ngebomb ama merkosa semua warga inggris raya. Terus lo bakalan tenang aja gitu waktu lo tau bahwa kontrak kerja lo nggak diperpanjang & tagihan kartu kredit lo sampe limit-dimana-bakalan-dateng-anak-buah-john-kei ke depan pintu rumah lo? Gua berharap di tahun 2013 nggak bakalan liat lagi tulisan “KEEP CALM & CARRY ON” Jadi kalo lo masih naro poster itu di tembok kamar lo, saran gue Cuma 1: COPOT ITU POSTER & CARRY ON!

lead-guy4. INSTAGRAM ATAU TWITPIC MAKANAN
Lo punya iPhone? Android? Blackberry? Oke, berarti lo adalah orang YANG PASTI PERNAH NGELAKUIN HAL INI : Motret makanan yang lo pesen di restoran. Tapi kenapa rata-rata Cuma menu makanan di restoran super trendy aja yang lo foto? Oke, gua nggak pernah makan Holycow Steak, gua sering ngelewatin restorannya tapi selalu tertegun sekian detik tepat didepan restorannya sambil tangan gua otomatis merogoh saku baju dan berkata lirih “Makan Indomie Goreng aja dirumah lah…”

Gua tau kalo Holycow steak punyanya Mbak Lucy Wiryono itu sebuah rumah makan dengan makanan yang enak, walaupun gua belum pernah makan tapi gua yakin enak & bakalan bikin lidah asli Desa Cangkringan ini mengecap kenikmatan kuliner tiada tara. Holycow Steak itu sama kayak restoran-restoran lainnya (Jack Rabbit Slim, Potato Head, Louie…etc) dimana beberapa pengunjungnya bakalan bikin studio foto dadakan di restoran tempat mereka makan & ngabisin sekian ribu rupiah yang bisa buat ngidupin perut gua selama seminggu. Semua orang bakalan ngelakuin langkah-langkah yang mana adalah:

1. Mesen Menu Makanan
2. Nunggu Menu Makanan yang dipesan dateng sambil ngetwit dan maenan 4square demi nunjukin eksistensi mereka
3. Saat menunya datang mereka bakalan MOTRET MENU MAKAN mereka & ngepostingnya di Twitter.
4. Mereka bakalan makan sambil ngejawabin semua mention di twitter terkait menu yang fotonya mereka posting barusan.
5. Saat Makannya udah abis mereka bakalan MOTRET LAGI BEKAS MENU MAKAN mereka sambil ngasih kata-kata “NYAM….” atau “ENAK BANGET” atau “SUPERB FOOD!” & saat mereka ngelakuin itu gua bakalan ngetwit “AKAN KUKUTUK KALIAN DENGAN KOLESTEROL!”

134266788615097806375. KEMEJA KOTAK-KOTAK.
Dulu gua make kemeja kotak-kotak (Flannel) buat nunjukin sisi Grunge-esque gue, belakangan kemeja kotak-kotak dipake oleh seorang Metalhead buat jadi salah satu trademark kampanye dia. Flannel udah bukan lagi Vedderesque atau Cobainesque, waktu menjawab bahwa sekarang Flannel identik dengan kata Jokowiesque.

Apa yang salah dengan kemeja kotak-kotak? Nggak ada yang salah kok. Semua bisa punya trademark buat diri mereka sendiri atau buat orang-orang yang mendukung mereka. Semua orang terkenal emang harus punya suatu hal buat mencitrakan diri mereka & para fans mereka pun akan dengan setia memakai semua atribut buat nunjukin bahwa mereka adalah pendukung spartan sang idola. Nggak ada yang salah dengan kemeja kotak-kotak Jokowi, Kumis Foke, Batik Hidayat Nur Wahid atau “nggak ada hal identik” yang dipake Faisal Basri.

Semua emang udah sewajarnya kayak gitu kan? Gua nggak bakalan protes atau nunjukin sikap nggak suka buat hal-hal kayak “kemeja kotak-kotak” yang gua maksud diatas. Kenapa coba gua harus peduli? Kalo gua bisa nggak peduli dengan kebodohan artis-artis yang namain Fans mereka dengan julukan cemen kayak Justin Bieber dengan Beliebers, Lady Gaga dengan Little Monsters, Nicky Minaj dengan Barbies & Kens, One Direction dengan Directioners, terus yang terakhir Adele dengan GALAUERS. Kenapa gua harus ngerasa risih dengan Jokowi yang make Kemeja Kotak-kotak? Siapa tau juga Jokowi dengerin Grunge & Seattle Sound. Iya kan?

Sebenernya banyak hal buat gua “ulas” yang terjadi di tahun 2012, tapi mungkin hal-hal itu nggak cukup menarik buat gua tulis disini. Sebentar lagi kita bakalan sampe ke tahun 2013, biasanya juga media-media bakalan bikin prediksi hal-hal yang bakalan booming di tahun 2013, tapi karena gua nggak punya bakat cenayang & nggak ada nama “Laurent” di belakang nama gue, jadi ya udah gua nggak berani memprediksi apapun yang bakalan terjadi di tahun 2013. Ngapain di Prediksi coba? Prediksi suka maya aja terbukti gagal kan? Jadi buat nutup tulisan terakhir di tahun 2012 ini gua Cuma bisa bilang semoga siapapun bakal ngerayain malem tahun baru dengan hal yang menyenangkan, walaupun ngitung mundur menuju jam 12 pas malem tahun baru itu nggak menyenangkan, tapi lo emang suka sama hal membosankan kan? Contohnya kayak kenapa blog ini dibaca orang?

6 comments

  1. Ya, John, dari awal aku udah nyadar kalau artikel ini nggak bermanfaat. Tapi entah kenapa tetap aku baca sampai akhir. Hehehe…. Kayanya kita memang punya hubungan spesial dengan hal-hal yang nggak bermanfaat, jadi meski tahu nggak bermanfaat ya tetap kita nikmati.

    Btw, selamat tahun baru, bagi siapa pun yang suka hal-hal nggak bermanfaat tapi bisa menikmatinya. Semoga tahun depan lebih bermanfaat. Kalau tetap nggak bermanfaat, yeah… nikmati aja.😀

    1. Hehehehehhe…..

  2. jadi seorang Joni bakalan menjual ginjalnya di pasar gelap saat kepepet butuh duit?

    1. Sejujurnya iya, gua pernah nyoba ngejual Ginjal gua di pasar gelap, cuma masalahnya gua nggak tau kesiapa gua musti jual & pasar gelap kayak apa & dimana itu gua nggak tau. Lo ada channel?😀

      1. cari aja pasar yg ga ada lampunya😀

Leave a Reply

