PROPAGANDA DALAM FILM

Film adalah media paling gampang diterima semua orang, itu kenapa sebenernya setiap cowok yang lagi ngedeketin seorang cewek pasti bakal ngasih tawaran pertama dalam sebuah sesi kencan dengan ngajakin ceweknya nonton film di bioskop, sesi kencan kedua adalah ngajakin si cewek nonton film di kamar kos2an si cowok dan hal itu bakal berakhir dengan dua hal :

1. Si Cowok jadian sama si cewek & mereka akhirnya nggak nonton tapi malah ngelakuin suatu hal yang berhubungan dengan populasi pertambahan penduduk.

2. Si cowok bakalan digampar sama si cewek & akhirnya si cowok bakalan tetep nyandang predikat jomblo (baca Pecundang) 

Karena film adalah sebuah medium yang gampang diterima semua orang maka ngejadiin film sebuah sarana propagandha adalah sebuah hal yang mudah buat siapapun yang punya duit banyak buat ngebangun sebuah pencitraan biar dikenal luas ke seluruh dunia. Kita pernah ngerasain itu waktu jamannya J-Culture menginvasi seluruh elemen trend di atas dunia, pemerintah jepang ngebantu para senimannya demi ngenalin kultur negara mereka  secara massif, yang hasilnya kita punya sebuah band bernama J-Rocks. Man, kenapa lo namain band lo dengan sebuah genre musik?

Belakangan kita juga sadar bahwa invasi dari negara sodara dari Kim Jong Il pun ngedominasi dunia dengan bantuan pemerintahnya, bahkan kita nerima lagi siklus sekian tahun tarian bodoh model Asereje sama Macarena yang belakangan kita kenal dengan nama Gangnam Style. Pemerintah Korea Selatan ngebudgetin anggaran supaya budaya mereka di kenal di seluruh dunia, sedangkan pemerintah kita ngebudgetin anggaran belanja mereka buat ngenalin kita yang namanya ‘voojrider.’

Kalo buat sebagian orang Film adalah sebuah medium yang merepresentasikan sebuah kultur berarti itu tandanya Film adalah medium paling mudah buat mempropagandha penontonnya. Oke, gua yakin bahwa semua orang yang baca tulisan ini adalah golongan orang yang pinter-pinter & memiliki pendidikan baik walaupun ternyata lo make waktu lo buat hal nggak berguna kayak maenan facebook, twitter atau ngebaca blog gue ini. Gua bakalan ngebahas film-film yang sadar atau nggak kita sadari sebenernya film itu nunjukkin sebuah propagandha walaupun nggak secara langsung kayak komik Siksaan Neraka.

134620939952618_300x430TED (2012)
Jalan Ceritanya :
John Bennet adalah seorang anak kesepian tanpa teman yang dapet mukjizat walaupun dia nggak punya tongkat Nabi Musa, suatu malam natal John berdoa semoga boneka Teddy Bear kesayangannya hidup & bisa jadi sahabat sejatinya & dengan restu dari Dao Ming Se akhirnya sebuah meteor jatuh buat ngelulusin permohonan John. Sejalan dengan berkembangnya waktu & bertambahnya umur John, Ted pun akhirnya juga ngalamin siklus dimana dia & John Bennet berubah jadi pemuda slengean yang suka nyimeng, nidurin semua wanita sama ngelakuin hal-hal yang dilakuin semua cast American Pie pada umumnya. Sampai suatu saat si John berniat untuk ngerayain hari jadi pacarannya sama Rori yang berujung dengan badai menerpa hubungan antara John & Ted.

Propagandhanya :
Saat John berniat buat ngerayain hari jadi pacaran tahun ke 4 sama Rori, John berniat buat ngajak Rori makan malem di restoran mahal, minum wine sama ngunyah menu makanan yang harganya gua yakin setara sama harga menu di Potato Head. Tapi ternyata makan malem buat ngecelebrate hari istimewa itu nggak cukup, seorang temen John yang mana adalah temen cewek John itu nyaranin supaya John melangkah ke level yang lebih lanjut dalam hubungan percintaannya. Disini kita tau bahwa hubungan lebih lanjut dalam masalah percintaan itu bukan ngelakuin tehnik spoon di kamar apartemen tapi adalah ngelamar si cewek buat dijadiin Istri, dalam artinya John harus ngajak Rori buat menikah. OKE!! JADI MENIKAH? MENIKAH ADALAH SUATU BENTUK MINIATUR KIAMAT!

Karena apa? Karena saat seorang cowok menikah berarti dia udah nggak bisa lagi nyimeng di ruang TV apartemennya, dia udah nggak bisa lagi marathon DVD setiap akhir pekan, dia nggak bisa lagi ke strip bar bareng temen-temennya. Itu sama aja kiamat kan? Sampai akhirnya Rori maksa John buat milih antara dia atau Ted yang udah sehidup semati bagaikan duo Bill & Ted, Batman & Robin, Thor & Mjonir atau Superman & Celana dalem di luar.

Kesimpulannya :
Film ini ngajarin bahwa sedeket apapun lu sama sahabat secawan kopi lu, tetep aja suatu saat lu harus milih cewek yang bakalan jadi istri lu & biasanya yang ngancurin hubungan wolfpack brotherhood lu adalah seorang cewek yang ngerasa bahwa dewasa itu perlu & menikah adalah simbolisasi sebuah kedewasaan. Jadi intinya mendingan nggak punya temen cewek biar nggak dewasa kan?

summer1(500) DAYS OF SUMMER
Jalan Ceritanya :
Tom adalah seorang illustrator, Summer adalah seorang Heartbreaker. Tom adalah Nancy, Summer adalah Heartbreaker. Tom adalah seorang yang suka dengerin The Smiths & punya kaos Joy Division, Summer adalah Katy Pery yang nyamar jadi Heartbreaker. Tom deket sama Summer selama 500 hari, Summer jadi Heartbreaker selama 500 hari. Sampai suatu hari Tom mutusin buat nyelesaiin hubungannya dengan Summer, tapi Summer ngelakuin tehnik Heartbreaking terakhir dengan milih orang lain buat dia nikahin. Sadis? Getir? Iya emang hakikatnya cinta dari jaman Ki Ageng Pamanahan pun selalu nyakitin hati.

Propagandhanya :
Summer emang cantik banget, Russel konon bakalan milih Zooey seandainya dia nggak ketemu Katy. Disini kita diajarin bahwa kekuatan seorang cewek itu lebih dahsyat dari Amalgamasi semua karakter di X-Men. Summer Cuma butuh nundukin seorang Tom dengan ngucapin kata Penis. Itu juga yang bakalan bikin cowok bertekuk lutut & rela ngelakuin apapun andaikan cewek incerannya ngucapin kata ‘ I Want Your Phallus’ tepat diatas kasur kamar kosnya.

Kesimpulannya :
Apapun yang dilakuin seorang cowok pasti bakalan end up keseorang perempuan. Disini ajaran yang berlaku adalah seorang laki-laki nggak bakal bisa jadi pilihan buat seorang perempuan. Karena pada hakikatnya itu perempuan bakalan milih laki-laki manapun yang dia mau buat jadi pacarnya, Fuck Buddy yang kemudian semua itu bakalan mentah & hancur saat si perempuan milih laki-laki lain buat jadi suaminya. Tom ngelakuin apapun buat bikin Summer seneng. Itu juga yang berlaku di dunia nyata kan? Coba cek berapa sering seorang nurutin ceweknya buat nemenin si cewek ngelakuin apapun yang ceweknya suka, ngebeliin albumnya Adele masuk hitungan sebagai cara  buat narik perhatian si cewek yang ujungnya Cuma berakhir dengan kalimat ‘sorry kita nggak bisa sama-sama lagi, kata papah kamu cowok berantakan, aku lebih milih dia.’Jadi intinya gunakan waktu anda untuk hal-hal berguna, ngabisin waktu selama 500 hari buat seorang cewek dan berakhir sia-sia itu suatu hal yang nggak berguna, bahkan lebih berguna kalo waktu 500 hari dipake buat khatam Al-Quran.

51umIyoNsHL._SX500_THE NOTEBOOK (2004)
Jalan Ceritanya :
Cowok ganteng tapi jalan hidupnya menyedihkan nggak tau diri jatuh cinta sama cewek kaya raya yang punya segalanya.Tapi nyatanya keadaan yang menang, itulah kenapa film ini begitu desperatenya sampai akhirnya gua sadar bahwa film ini make kalimat ‘But Gravity Always Wins’ dari lagunya Radiohead.

Propagandhanya :
Ini adalah illuminati dalam hal cinta sejati, ini adalah konspirasi yang lebih hebat dari apa yang dibuat Madame Blavatsky bahkan gua curiga bahwa Sebenernya David Cassavetes itu nama laen dari Madame Blavatsky. Film ini mempropagandha perempuan yang nonton buat nangis & kita tau nggak ada yang bisa ngalahin tangisan perempuan yang terharu.

Kesimpulannya:
Knock It Off! Begitu lo kenal sama cewek yang naro The Notebook sebagai film Favoritnya, saran gua Cuma satu JAUHIN! Karena apa? Karena itu adalah KONSPIRASI! Cowok kayak Ryan Gosling aja bisa bertekuk lutut, apalagi kamu (yang saya yakin) nggak beda jauh sama Pecel lele.

16 comments

  1. Demi Ki Ageng Blavatsky, ini ulasan film paling keren yang pernah aku baca!

    1. Hihihihih….. kadang komentar kayak gini yang sering bikin G’R.

  2. Hahahahaha keren gilak. Analisisnya makjleb kumat dan ngocol abies. Dan gue kagak nonton satu filmpun yang dibahas. *Jadipenasaran

    1. Hahahahah gak usah nonton filmnya hahahahaha… gak usah penasaran hahahahahaa.

  3. good job! disela2 waktu senggang buat design NL, GDN banner, calendar etc. Ulasan film lo oke juga yeee. Semuanya film kesukaan gw pula! woohooo! :)))

    1. Ohh jadi semua filmnya kesukaan lo? Ohh jadi temen yang duduk dibangku depan gua di kantor suka ama The Notebook😐

  4. Jd saya harus menghilangkan “The Notebook” dari daftar film favorit supaya ga dijauhin cowo-cowo ya???😀

    1. Gak usah diganti sih, tapi dibarengi aja dengan menonton film lain yang lebih disukai cowok, contohnya : Slit-Mouth Woman😀

      1. pelem horor??? kebanyakan cowo nonton pelem horor sama pacarnya karena modus, biar ceweknya jerit-jerit sambil meluk cowonya gitu😀

      2. Ini apa-apa dianggep Modus…. ntar kalo modus beneran gimana?😀

  5. udah hampir setahun ga pernah nonton film
    kasian banget yak gue?😦

    1. gak apa-apa, gua juga udah setahun nggak maenan facebook.

      1. mongkih! tau gitu kan nggak gw add!

      2. di unapprove aje sob.

  6. koq keren sih pengen ketemuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: