RISE OF THE PLANET OF THE APES

Prequel itu beda sama Sequel. Sequel adalah adalah lanjutan cerita dari sebuah film & Prequel adalah cerita sebelumnya. Ngerti? Nggak! Oke, lu bisa googling tentang arti kata Prequel & Sequel. Gua lagi males buat ngejelasinnya disini. Oke, jadi kalo begitu sebelum lu baca Review Rise Of The Planet Of The Apes (ROTPOTA) ini mungkin sebaiknya lo bisa browsing untuk artian lebih jelas dari arti kata “Prequel Film’ sambil sekalian googling tentang film Planet Of The Apes yang dibintangin sama Mark Wahlberg.

Oke, jadi ini adalah Prequel dari Planet Of The Apes, itu tandanya kita bakalan ngeliat atau tau cerita awal kenapa di akhir Planet Of The Apes sekumpulan kera bisa bisa nguasain kota New York. Cerita awalnya dimulai dengan sekumpulan ilmuwan dimana salah satunya adalah terdapat seorang ilmuwan bernama Will Rodman yang diperanin sama James Franco & nggak ada hubungannya sama Dennis Rodman. Karena apa? karena Will sibuk ngurusin Monyet sedangkan Dennis Rodman sibuk nidurin Selebritis dari West Coast sampai East Coast. Will Rodman adalah ilmuwan jenius yang selama karirnya sibuk buat nemuin obat penyakit Alzheimer dengan ngelakuin serangkaian percobaan ke Monyet bernama Bright Eyes. Sebenernya ngelakuin percobaan kimia ke binatang itu bukan hal yang direstuin sama WWF atau bahkan Greenpeace, kenapa sih percobaannya nggak dilakuin ke Red Neck American, toh pada dasarnya mereka sama-sama punya intelijensia sekelas sama Simpanse, bahkan malah lebih buruk.

Setelah ngelakuin serangkaian tes yang sebenernya tes buat seekor Simpanse itu cuma maenin semacam Puzzle dari kayu, akhirnya Will bikin kesimpulan kalo obat yang diuji coba ke Simpanse itu udah berhasil, aneh sebenernya…. gimana dia bisa bilang eksperimennya udah berhasil padahal Simpansenya cuma maenan Puzzle? Seberapa beratnya maenan Puzzle & bisa nyembuhin Alzheimer? Temen Kantor gua yang jago maen Kubik pun tetep bego & masih bisa dibohongin istrinya walaupun dia bisa nyusun kubik dalam hitungan 20 detik. Oke, jadi kesimpulannya adalah Alzheimer itu ada hubungannya sama Puzzle. Kemudian Will mempresentasikan keberhasilannya di depan para petinggi perusahaannya yang sebenernya juga nggak beda sama Simpanse. Kapan coba lo ngerasa bahwa boss lu nggak jauh beda sama Monyet?

Tapi ternyata presentasi Will gagal karena saat itu si Bright Eyes nunjukin sifat sensitifnya sama kayak Cewek lu waktu lagi ngalamin siklus dateng bulan. Akhirnya semua proyek & riset yang dilakuin Will dihentikan sama pemilik perusahaannya. Singkat kata ternyata kesensitifan Bright Eyes itu terjadi karena dia lagi mengandung bayi Simpanse di perutnya. Karena keputusan perusahaan adalah biasanya selain ngasih gaji minim & hak karyawan yang selalu dikebiri, maka disini keputusan perusahaan tempat Will kerja adalah ngebunuhin semua Monyet & Simpanse yang dipelihara buat jadi bahan percobaan. Mau kagak mau Will harus nyelametin Bayi yang ada di perut Bright Eyes buat dibawa pulang, dilatih buat ke pasar & dinamain Sarimin kayak apa yang ada di negara kita. Hehehehe….

Bayinya Bright Eyes itu dikasih nama Caesar, selama dipelihara sama Will, si Caesar ini nunjukin hal yang bener-bener mengagumkan, Caesar adalah Simpanse yang cerdas, bahkan lebih cerdas dari seluruh penonton acara musik Dahsyat atau Inbox. Caesar juga Simpanse yang setia sama tuannya & bahkan sempet jadi mak-comblang bagi perjodohan asmara Will sama dokter cakep & diperanin sama Frieda Pinto (Slumdog Millionaire.) Karena Caesar makin lama makin bertumbuh besar & berintelijensia lebih pinter dari Tifatul Sembiring, suatu kejadian akhirnya maksa Caesar buat nggak boleh dipelihara sama Will. Akhirnya Caesar dimasukin ke rumah konservasi Monyet yang juga diisi sama monyet (dan mungkin Tifatul Sembiring.) Disitu Caesar ngebikin rencana buat nguasain dunia dengan mendoktrin para Monyet-Monyet yang ada di rumah konservasi itu buat ngelakuin apa yang ada di buku ‘Animal Farm.’ Akhirnya Caesar & para monyet bisa menguasai salah satu negara bagian Amerika & ngebangun revolusi yang selama ini selalu dimimpiin sama Che Guevara & para penggemar Karl Marx. Sad But True, tapi para sayap kiri itu nggak ada apa-apanya sama Monyet.

Film ini menghibur, ini adalah film yang cukup ramah buat ditonton sama keluarga & sama sekali nggak ada hal-hal ‘menganggu’ yang ditampilin di film ini. Film ini isinya cuma sekumpulan Monyet yang ketemu dengan Motivator dari dunia Monyet bernama Caesar. Disini dilihatin kalo sebenernya Caesar itu ngelakuin hal efektif buat memotivasi para Monyet untuk keluar dari kerangkeng mereka, walaupun sebenernya si Caesar nggak perlu memotivasi para Monyet lewat program acara Golden Ways. Para Monyet emang udah lama pengen ngerasain bebas, sama kayak para praktisi MLM kepengen ngerasain kaya dengan cara cepat. Cuma bedanya para monyet disini berhasil bebas sedangkan para agen MLM belom pernah sedikit pun ngerasain kaya raya.

Sepanjang film ini kita dipaksa atau otomatis ngerasa buat ngedukung Caesar & para Monyet buat ngelawan balik orang-orang yang udah nyakitin mereka. Disini kita juga bersimpati dengan Will Rodman karena udah berjasa buat nyelametin Caesar & ngajarin Caesar buat jadi Monyet pinter & berbudi luhur. Kita ngedukung Caesar & Will buat terus sama-sama saling membantu melawan kezaliman, sampai akhirnya kita ngarepin buat nonton film ini selanjutnya. Tapi kayak yang gua bilang diatas, ini adalah Prequel, kalo emang lo mau tau kelanjutan dari film ini, lo bisa nonton Planet Of The Apes.

Setelah lo nonton Planet Of The Apes, mungkin lo nggak akan simpati lagi sama Caesar…..

Coba aja.

2 comments

  1. Rahayu Oktaviani · · Reply

    Suka banget sama reviewnya dan kosakata saya bertambah hari ini : Prequel😀
    Cuma mau koreksi sedikit, simpanse itu kera bukan monyet😀

    1. Okeh makasih koreksinya, cuma masalahnya gua masih belum bisa ngebedain mana Kera, Monyet atau Hipster😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: